kisi kisi SENI BUDAYA USBN 2019
KISI KISI SOAL USBN SENI BUDAYA (UTAMA)
|
||||||||
SMP NEGERI 3 MAGELANG
|
||||||||
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
|
||||||||
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya
|
||||||
Kelas
|
:
|
IX
|
||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
90 menit
|
||||||
Jumlah soal
|
:
|
45
|
||||||
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator pencapaian
|
No soal
|
Bentuk Soal
|
||
1.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
seni Rupa
|
Peserta didik mampu :
|
|||||
*
|
mengidentifikasi karya seni rupa 3 dimensi
|
1
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi karya seni rupa 2 dimensi
|
2
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi aliran seni lukis
|
3
|
PG
|
|||||
mengidentifikasi
|
*
|
mengidentifikasi tokoh lukis Indonesia
|
4
|
PG
|
||||
gambar dan seni lukis
|
*
|
mengidentifikasi tokoh lukis Indonesia
|
5
|
PG
|
||||
*
|
memahami media seni lukis
|
6
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi aliran seni lukis
|
7
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi prinsip prinsip
seni rupa
|
8
|
PG
|
|||||
*
|
memahami bahan warna dengan media basah
|
9
|
PG
|
|||||
*
|
memahami pengertian karya seni
rupa 3 dimensi
|
10
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi warna sekunder teori brewster
|
11
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi prinsip prinsip seni rupa (irama)
|
12
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi unsur unsur seni rupa paling sederhana
|
13
|
PG
|
|||||
*
|
memahami makna garis vertikal
|
14
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi warna primer teori brewster
|
15
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi warna tertier teori brewster
|
16
|
PG
|
|||||
*
|
memahami macam macam warna (komplementer)
|
17
|
PG
|
|||||
*
|
memahami sifat pensil H, 2B, EE dan HB
|
28
|
PG
|
|||||
*
|
memahami sifat pensil 4B, 6B, dan 6B
|
29
|
PG
|
|||||
*
|
memhami pengertian apresiasi empatik
|
30
|
PG
|
|||||
*
|
memhami pengertian apresiasi estetis
|
31
|
PG
|
|||||
*
|
memhami pengertian apresiasi kritis
|
32
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi aspek penilaian dalam apresiasi seni rupa
|
33
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi pameran berdasarkan jumlah peserta
|
34
|
PG
|
|||||
*
|
memahami fungsi pameran
|
35
|
PG
|
|||||
*
|
memahami fungsi ketua panitia pameran
|
36
|
PG
|
|||||
*
|
memahami fungsi sekbid publikas dalam
panitia pameran
|
37
|
PG
|
|||||
*
|
memahami jenis warna sekunder dalam teori Brewster
|
41
|
Uraian
|
|||||
*
|
memahami 4 unsur unsur seni dalam seni rupa
|
42
|
Uraian
|
|||||
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator pencapaian
|
No soal
|
Bentuk Soal
|
||
2.
|
mengindentifikasi alat musik dan judul
lagu
tari saman
|
Peserta didik mampu :
|
||||||
seni musik
|
*
|
mengidentifikasi alat musik jawa tengah
|
18
|
PG
|
||||
*
|
mengidentifikasi alat musik arumba
|
19
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi alat musik petik
|
20
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi alat musik calung
|
21
|
PG
|
|||||
*
|
mengindentifikasi lagu dolanan dari
jawa tengah
|
22
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi alat musik demung
|
23
|
PG
|
|||||
*
|
memahami lagu dengan intonasi yang baik
|
24
|
PG
|
|||||
*
|
mengindentifikasi pencipta lagu gambang suling
|
25
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi alat musik dari
kayu
|
26
|
PG
|
|||||
*
|
mengindentifikasi lagu dari daerah betawi
|
27
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi judul lagu kepompong
|
38
|
PG
|
|||||
*
|
mengidentifikasi judul lagu indonesia jaya
|
39
|
PG
|
|||||
3.
|
seni tari
|
*
|
mengidentifikasi tari saman
|
40
|
PG
|
|||
*
|
menjelaskan tari betawi yangdiciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini
Kisam pada 1976
|
43
|
Uraian
|
|||||
*
|
Memahami tehnik pernafasan dalam lagu
|
44
|
Uraian
|
|||||
*
|
Mengindentifikasi 5 alat musik
petik tradisinal
|
45
|
Uraian
|
|||||
Guru Mapel
|
Seni Budaya
|
Yuniar Sofiana,S.Pd
|
NIP.19710627 199802 2 004
|
Mengetahui
|
Kepala Sekolah
|
Harjanta, S.Pd., M.Pd
|
NIP. 19610125 198303 1 008
|